Ini Sekolah Atau Perguruan Tinggi Agama Buddha (STAB) Kertarajasa Batu

Ini Sekolah Atau Perguruan Tinggi Agama Buddha (STAB) Kertarajasa Batu
Ini Sekolah Atau Perguruan Tinggi Agama Buddha (STAB) Kertarajasa Batu - Sekolah Tinggi Agama Buddha Kertarajasa (STAB Kertarajasa) merupakan satu diantara perguruan tinggi swasta berada di Kota Batu,  Malang Provinsi Jawa Timur. Sekolah STAB Kertarajasa merupakan perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan di bidang ilmu pengetahuan bagi pemeluk agama Buddha. 


Kertarajasa Batu didirikan guna mengakomodir kebutuhan akan keberadaan tenaga guru agama Buddha dan penyebar ajaran agama buda. Mengingat Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI ) merupakan bangsa yang memiliki berbagai macam suku bangsa dan juga penganut banyak agama. 

Semuanya mendapatkan hak dan perlindungan sepanjang tidak melanggar UUD 1945 dan aturan yang ada di Indonesia. Oleh Sebap itu, perkembangan agama Buddha di Tanah Air semakin berkembang dengan demikian sangatlah diperlukan tenaga guru Agama Buddha (dhammacariya) yang handal dan profesional serta dapat memberikan pelayanan pendidikan dan penerangan agama Buddha yang memadai dan ti dak menyesatkan.

Berbagai macam aliran agama yang ada di Indonesia mempunyai perlindungan yang sama, apalagi ketika presiden ke-4 RI Abdul Rahman Wakhid atau akrap dengan sapaan Gus Dur sangat peduli dengan keadilan serta menjadi aktifis yang mengedepan moral sebagai contoh bagi seluruh bangsa Indonesia.

Jika di kaji secara lebih mendalam, secara umum Proyek Sekolah Tinggi Agama Buddha Kertarajasa merupakan pengembangan dari kompleks Vihara Dhammadipa Arama yang telah berdiri sejak tahun 1976. Adanya pengembangan secara bertahap menyebabkan adanya perubahan-perubahan pada pola kompleks terutama setelah dibangunnya Swedagon Pagoda menjadi simbol tersendiri dan memicu terjadinya perbedaan dikalangan umat Budha. 

Oleh sebapnya, perencanaan proyek mengikuti pola-pola bangunan yang telah ada (penerusan aksis dari kompleks Vihara Dhammadipa) dan mengembangkan pola yang belum ada. Sehingga memunculkan pola baru yang mengikuti keberadaan pagoda. Sehingga keseluruhan kawasan menjadi optimal.
Tag : Kabar Kampus
Komentar Facebook
0 Komentar untuk "Ini Sekolah Atau Perguruan Tinggi Agama Buddha (STAB) Kertarajasa Batu"

Back To Top