4 Mahasiswa Undip Buat Inovasi Helm Anti Polusi ( HELTIC 3 In 1 ) Bagi Pengendara Motor

4 Mahasiswa Undip Buat Inovasi Helm Anti Polusi ( HELTIC 3 In 1 ) Bagi Pengendara Motor
4 Mahasiswa Undip Buat Inovasi Helm Anti Polusi ( HELTIC 3 In 1 ) Bagi Pengendara Motor-Bagi sebagian besar pengendara sepeda motor, Polusi dan bakteri seringkali tak bisa dihindari saat kita sedang dalam perjalanan berkendara. Tanpa disadari bakteri dan polusi mengancam kesehatan tubuh manusia. Polusi yang mengandung partikel berbahaya diantaranya CO, SO2, dan NO2, seta partikel debu (PM 10) yang dapat mengganggu saluran pernafasan, asma, elergi, bisinosis, serta organ tubuh yang lainnya.

Kondisi seperti ini yang membuat empat mahasiswa Universitas Diponegoro (UNDIP) membuat terobosan berupa helm yang mampu mengatasi permasalahan para pengendara dari polusi, bakteri, dan embun. Para mahasiswa menamakannya dengan HELTIC 3 In 1. Yang mempunyai arti mengatasi tiga permasalahan berkendara dengan satu helm.

Empat mahasiswa tersebut diantaranya Faza Laili Husna (Biologi), Ikhsanti Maliya (Biologi), Alfin Darari (Fisika), dan Mutiara Hapsari (Kimia). Helm sebagai perlengkapan wajib dalam berkendara yang mereka kembangkan itu dengan memanfaatkan fotokatalis Co doped ZnO berbasis nanoteknologi dengan metode yang digunakan untuk membuat HELTIC adalah Spray.

“Sengaja kami membuat larutan ZnO dari Zn asetat, isopropanol, dan MEA. Kemudian larutan ZnO tersebut kami semprotkan kan pada kaca helm hingga seluruh permukaan kaca helm terlapisi oleh larutan ZnO” jelas Faza ketua tim penemu Heltic 3 in 1.

Menurut Faza, usai disemprotkan secara merata kemudian kaca helm yang dilapisi dengan fotokatalis Co doped ZnO akan melepaskan zat superoksida ke bagian dalam helm ketika mendapatkan sinar UV dari sinar matahari. Sehingga wajah pengendara motor akan terlindung dari bakteri dan polusi sepanjang perjalanan dalam berkendara.

Faza juga menambahkan, kaca helm yang dilapisi fotokatalis akan bersifat anti embun. Fotokatalis Co doped ZnO mengatasi sifat hidrofilik pada kaca helm sehingga tetesan air yang menempel pada permukaan kaca tidak dalam bentuk droplet dan langsung hilang.

“ Kami sudah melakukan Helm ini anti bakteri, anti polusi dan anti embun jadi untuk kualitas sudah tidak diragukan lagi.” Jelas Faza menerangkan.

Hasil penemuan HELTIC 3 in 1 sebagai bentuk inovasi dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang karsa cipta. Helm hasil karya mahasiswa UNDIP ini akan di ikut lombakan pada PIMNAS ke-28 di Universitas Halu Oleo Kendari, Sulawesi Tenggara bulan Oktober yang akan datang.
Tag : Kabar Kampus
Komentar Facebook
0 Komentar untuk "4 Mahasiswa Undip Buat Inovasi Helm Anti Polusi ( HELTIC 3 In 1 ) Bagi Pengendara Motor"

Back To Top